Cara Mengatasi HP Smartphone Android yang Lemot Agar Kencang

Android Anda Lelet? Bingung bagaimana Cara Mengatasi Android yang Lemot? Android adalah salah satu sistem operasi berbasis Linux yang digunakan untuk perangkat keras handphone. Penggunaan Android cukup mudah dan banyak aplikasi - aplikasi yang gratis karena opensource sehingga memungkinkan developer - developer membuat aplikasi Android.
Penyebab Android lamban biasanya adalah terlalu banyak aplikasi yang terpasang. Hal ini menyebabkan RAM penuh dan handphone menjadi lemot saat menjalankan aplikasi lainnya. Penuhnya memory internal juga bisa menjadi penyebab lambannya sebuah perangkat android. Berikut ini akan dibahas bagaimana Cara Mengatasi Android yang lemot.

Cara Mengatasi Android yang Lemot :

  • Aplikasi yang berjalan.
Hentikan aplikasi - aplikasi berjalan yang tidak dibutuhkan. Caranya, perrgi ke setting - application - running aplication. Lalu pilih aplikasi yang tidak dibutuhkan kemudian force stop (hentikan).
  • Gunakan Aplikasi Cleaner
Ada berbagai macam aplikasi cleaner yang bisa didownload di playstore. Aplikasi yang saya rekomendasikan untuk menggunakan Cclener atau The Cleaner. Hal ini bertujuan untuk menghapus file - file yang tidak penting pada Android Anda.
  • Menghapus Cache
Sebenarnya memori Cache berfungsi untuk mempercepat Android. Elemen yang sering digunakan disimpan pada Android sehingga mereka tidak selalu perlu di downloadlagi. Ini menghemat banyak waktu untuk tugas-tugas seperti browsing internet, terutama pada halaman web yang sering diakses. Beberapa aplikasi mungkin memiliki cache yang sangat besar. Dianjurkan untuk beberapa kali dalam sebulan seluruh cache dari tablet dihapus untuk menghemat memori. Menghapus cache juga bisa menggunakan aplikasi cleaner.
  • Menghapus Widget
Fitur widget memang membuat tampilan android menjadi lebih menarik dan memudahkan Anda. Namun widget juga dapat menyebabkan android jadi lemot. Sebaiknya hapus saja widget yang tidak diperlukan
  • Mematikan Animasi
Meskipun tampilan akan menjadi kurang menarik, menghapus animasi juga dapat mengurangi kemungkinan android menjadi lemot. Caranya, Setting - Display - Animation.
  • Matikan Sinkronasi
Matikan sinkronasi aplikasi yang Anda anggap tidak perlu. Caranya, setting - Accounts and sync.
  • Matikan Fitur
Jika tidak digunakan matikan fitur - fitur seperti Bluetooth, GPS dan lainnya.

Demikian tips yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan bisa Anda bagikan artikel Cara Mengatasi Android yang Lemot.

Artikel Terkait :