Cara Mengembalikan IMEI yang Hilang pada Replika / Supercopy

IMEI smartphone android Anda hilang? hal ini sering terjadi pada Handphone Replika atau Supercopy. Biasanya IMEI hilang di replika atau supercopy terjadi setelah dilakukan factory reset atau flashing, setelah di cek dengan *#06# ternyata muncul "invalid IMEI" itu artinya IMEI di Handphone hilang. jika IMEI tidak terdeteksi maka tentunya handphone anda tidak bisa mencari jaringan dan tidak bisa dibuat telepon atau SMS apalagi mengakses internet.

Untuk beberapa tipe replika bisa menginject atau write IMEI secara manual dengan memasuki enginering mode pada handphone, cara nya ada di post Cara Mengembalikan Logo Replika dengan Kode. Bagi orang awam yang tidak pernah oprek - oprek smartphone android, cara ini memang terasa ribet. Ada cara lain yang lebih mudah untuk mengatasi IMEI hilang di replika atau supercopy, yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bisa anda download di playstore.

MTK Enginering mode adalah salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan untuk write IMEI hilang di replika atau supercopy. Aplikasi ini khusus untuk smartphone android yang menggunakan processor MTK, kebanyakan memang handphone replika menggunakan processor MTK. Berikut tutorial cara mengembalikan IMEI yang hilang pada Replika atau Supercopy.


  1. pertama pilih menu MTK setting
  2. setelah itu pilih menu CDS information
  3. lalu menu radio information
  4. Ketik AT+E maka akan timbul beberapa pilihan seperti di bawah , untuk pemulihan IMEI pada SIM1 pilih lingkaran merah dan biru untuk SIM2 (dalam hal pemulihan IMEI SIM CARD selesaikan terlebih dahulu SIM1 , jika Android Anda memiliki 2 kartu operator)
  5. Ketiklah No. IMEI HP Anda , AT+EGMR=1,7,"852640426******" (nomer IMEI HP Anda yang bisa Anda lihat di dosbook atau belakang HP anda, sebaiknya catat dulu sebelumnya dikertas. Setelah itu klik ⇨ SEND AT COMMAND.
Setelah itu reboot Handphone anda, lalu cek *#06# untuk melihat IMEI Anda sudah pulih atau belum. Jika Hangphone Anda Dual SIMCard ata menggunakan 2 SIMCard ulangi langkah di atas dan pada lagkah ke 4 pilih phone 2. Semoga bermanfaat.

Penelusuran terkait :

  • IMEI Tidak Muncul pada Replika
  • IMEI hilang pada Supercopy / Replika
  • Invalid IMEI pada Replika atau Supercopy
  • MTK Enginering Mode untuk Mengembalikan IMEI
  • Cara mengembalikan IMEI pada Handphone Android