Perbandingan Antara Android dan iOS

Android dan iOS merupakan platform mobile yang populer saat ini, platform mobile lainnya seperti Blackberry dan Windows Mobile masih tertinggal. Android dan iOS tentunya punya kelebihan masing-masing. Berikut adalah perbandingan antara Android dan iOS :

Kelebihan Android

  • Pihak pengembang perangkat
Perangkat Android dapat dikembangkan oleh semua vendor, sedangkan perangkat berbasis iOS hanya dikembangkan oleh Apple. Hal ini menjadi sebuah keuntungan untuk perangkat android dari sisi design.
  • Android OpenSource
Dalam hal pengembangan aplikasi Android lebih terbuka. Pengguna Android juga dapat costumize atau memodifikasi sistem operasi perangkatnya dengan tujuan membuat lebih baik.
  • Sinkronisasi data yang mudah
Dengan hanya memasukan akun google ke dalam perangkat android, ponsel secara langsung mengunduh email, bookmark chrome, dan sebagainya ke dalam ponsel anda.

Kelebihan iOS
  • Lebih aman
Android dikategorikan sebagai sistem operasi cukup rentang terserang virus. Meski Google telah melakukan perlindungan, perangkat masih terkena serangan malware. Google Play menjadi salah satu celah rusaknya perangkat oleh malware. Meski sudah melakukan perlindungan pada aplikasi itu, ancaman virus lain bisa datang dari mana saja, termasuk dari jaringan WiFi. Tercatat ada 32.8 juta perangkat Android yang terinfeksi virus malware tahun lalu.

Sementara, sistem keamanan iOS lebih terstruktur. Semua aplikasi yang dibuat untuk iPhone atau iPad harus melewati proses pengujian yang ketat. Memang, sempat ada laporan tentang terinfeksinya aplikasi oleh virus. Namun, Apple sudah memperbaikinya dan menjamin bahwa App Store kini sudah bersih dari virus.
  • Lebih mudah
Menurut orang yang sudah mencicipi iOS, mereka merasa sistem operasi milik Apple ini lebih mudah digunakan. Bahkan, untuk pemula sekali pun, mempelajari kinerja iOS cukup dengan mengklik ikon menu dan melihat fungsinya.
  • Design menarik
Tampilan iOS didisan khusus oleh perancang asal Inggris, Jony Ive. Tampilannya yang catchy dan penuh warna dipadukan dengan disain minimalis pada ikon dan menu pada perangkat iPhone atau iPad.
Selain tampilan, desain pada iPhone 5S misalnya, terasa ringan, sederhana dan modern di genggaman. Perpaduan antara metal dan kaca membuat ponsel ini lebih solid. iPhone 5S bahkan mengalahkan Samsung Galaxy S4 sebagai ponsel tercepat dengan sistem operasi 64-bit A7 chipset terbaru.
  • Update tidak terbatas
Android akan melakukan pembaruan sistem operasinya dengan meluncurkan Kit Kat 4.4 dalam waktu dekat. Terdapat lebih 100 ribu perangkat Android, mulai dari ponsel dan tablet. Tapi sayangnya, tak semua perangkat Android bisa merasakannya. Hanya sekitar 1.5 persen perangkat yang bisa menjalankan sistem operasi baru ini.
Bagi pengguna iPhone, tidak ada diskriminasi dalam pembaruan sistem operasi iOS 7. Sejak diluncurkan September lalu, semua perangkat iOS bisa meng-update dan menjalankan sistem operasi ini. Memang sempat ada gangguan untuk pengguna iOS 6 untuk upgrade ini, tapi sejak 22 Oktober lalu, Apple kembali mengupdate iOS 7 menjadi iOS 7.0.3 dan belum ada laporan gangguan dari pengguna.

  • Kelebihan iPhone
  • Kelebihan Android
  • Perbandingan Antara iOS dan android